KONTRIBUSI PEMANFAATAN HANDPHONE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN TEORI PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) DI SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG

Sudiatno, Bangun Tri (2018) KONTRIBUSI PEMANFAATAN HANDPHONE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN TEORI PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) DI SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Bangun Tri Sudiatno_14504241060_TAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kontribusi pemanfaatan handphone terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran teori pekerjaan dasar teknik otomotif di SMK Ma’arif Salam Magelang; 2) Kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran teori pekerjaan dasar teknik otomotif di SMK Ma’arif Salam Magelang; 3) Kontribusi pemanfaatan handphone dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran teori pekerjaan dasar teknik otomotif di SMK Ma’arif Salam Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKR SMK Ma’arif Salam Magelang sejumlah 116 peserta didik. uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linieritas, uji multikolinieritas. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil ini penelitian menunjukan: 1) Terdapat kontribusi positif dan signifikan pemanfaatan handphone terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai thitung sebesar 2,238 dan nilai signifikansi 0,027; 2) Terdapat kontribusi positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai thitung sebesar 4,237 dan nilai signifikansi 0,000; 3) Terdapat kontribusi positif dan signifikan pemanfaatan handphone dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai Fhitung sebesar 17,123 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,223 atau 22,30%. Hasil ini menunjukan bahwa hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel pemanfaatan handphone dan motivasi belajar sebesar 22,30%, sedangkan sisanya 77,70% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Handphone, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, SMK Ma’arif Salam Magelang
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60911

Actions (login required)

View Item View Item