Erwanto,, Erwanto (2012) PERBAIKAN MESIN DAN PENGECATAN BODI SEPEDA MOTOR HONDA ASTREA 800. D3 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
PROYEK AKHIR.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Proyek Akhir ini bertujuan untuk memperbaiki sepeda motor Honda Astrea 800 yang awalnya mengalami kerusakan pada bagian mesin dan cat bodi kendaraan. Dengan demikian maka perlu dilakukan perbaikan bagian mesin dan bodi. Proses perbaikan pada bagian mesin meliputi kepala silinder dan blok silinder. Proses perbaikan melalui empat tahap. Tahap pertama identifikasi kerusakan kepala Silinder meliputi (bearing, sprocket, tutup katup, katup, mur penyetel katup) dan blok Silinder meliputi (piston, ring piston, klip pena piston, liner). Tahap kedua yaitu, rancangan perbaikan dengan cara melakukan pemeriksaan dan pengambilan data yang meliputi pemeriksaan kondisi tiap komponen, pengukuran komponen, dan pemeriksaan kelengkapan komponen. Tahap ketiga yaitu, proses perbaikan dengan cara mengganti komponen yang rusak bagian kepala silinder dan blok silinder. Tahap keempat yaitu pengujian, pengujian dilakukan untuk mengetahui kinerja mesin yang telah diperbaiki. Pengujian kinerja dilakukan dengan cara mengukur tekanan kompresi dan emisi gas buang. Proses perbaikan chasis dan bodi meliputi penilaian luasan kerusakan, mengelupas lapisan cat yang mengalami kerusakan, pengamplasan, pendempulan, proses pengaplikasian epoxy, proses pengecatan, proses pelapisan clear dan proses polishing. Proses penilaian pengecatan dilakukan dengan menggunakan angket. Penilaian berguna untuk mengetahui hasil pengecatan, diantaranya daya kilap, kerataan, dan cacat yang terjadi setelah selesainya proses pengecatan. Berdasarkan hasil pengujian mesin, perbaikan meliputi (piston, ring piston, klip pena piston, liner, dan katup). Hasil pengujian perbaikan yaitu pengujian tekanan kompresi dengan hasil 980 Kpa, pengujian emisi gas buang untuk CO 0,652 %, sedangkan untuk HC 376 ppm. Dari hasil tersebut masih memenuhi dalam batas standar. Berdasarkan hasil penilaian pengecatan chasis dan bodi yang dilakukan oleh orang yang berkompeten di bidang pengecatan dapat disimpulkan bahwa pengecatan sudah cukup baik dan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang terlampir pada lembar angket penilaian hasil pengecatan yaitu: kerataan memperoleh skor 73,3 sehingga untuk kerataan termasuk kategori baik, daya kilap memperoleh skor 100 sehingga untuk daya kilap termasuk kategori sangat baik, dan cacat pengecatan memperoleh skor 71,9 sehingga untuk keberhasilan pengecatan dikatakan baik.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 03:01 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 03:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60910 |
Actions (login required)
View Item |