PENGEMBANGAN LKPD BERBANTU PHET SIMULATION BERBASIS STEM-PBL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA

Lestari, Retno Puji and Pujianto, Pujianto (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBANTU PHET SIMULATION BERBASIS STEM-PBL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. Skripsi.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD berbantu PhET Simulation berbasis STEM-PBL yang layak digunakan untuk pembelajaran elastisitas dan hukum Hooke pada peserta didik SMA kelas XI; dan (2) mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan memecahkan masalah fisika peserta didik SMA kelas XI setelah menggunakan LKPD berbantu PhET Simulation berbasis STEM-PBL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan (Research & Development) 4D. Tahapan penelitian yaitu define untuk mendefinisikan kebutuhan penelitian. design merupakan perancangan perangkat pembelajaran, develop merupakan tahap pengembangan produk, dan disseminate merupakan tahap penyebarluasan produk. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 SMA N 2 Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: RPP, LKPD, lembar validasi, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan soal pretest-posttes. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis validasi instrumen dan analisis hasil. Analisis validitas instrumen menggunakan CVR/CVI, koefisien alpha cronbach, dan SBi, sedangkan untuk analisis hasil penelitian menggunakan standard gain dan persentase keterlaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) telah dihasilkan LKPD berbantu PhET Simulation berbasis STEM-PBL yang layak digunakan, ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator ahli dan praktisi dengan skor 115.5 (sangat baik) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan memecahkan masalah peserta didik SMA; dan (2) peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan memecahkan masalah peserta didik melalui LKPD berbantu PhET Simulation berbasis STEM-PBL dengan standard gain sebesar 0,58 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, PhET Simulation, STEM-PBL, penguasaan konsep, keterampilan memecahkan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60906

Actions (login required)

View Item View Item