Hibatullah, Fachri (2018) KAJIAN MOTIF KAIN CUAL KHAS BANGKA BELITUNG. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Text
TAS FACHRI HIBATULLAH.PDF Restricted to Repository staff only until 29 October 2019. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bentuk pada motif kain cual khas Bangka Belitung. 2) Mendeskripsikan makna pada motif kain cual khas Bangka Belitung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kain cual khas Bangka Belitung yang ada di Ishadi Cual Museum. Penelitian ini difokuskan pada hal yang berkaitan dengan bentuk dan makna yang terdapat pada kain tenun cual khas Bangka Belitung. Data penelitian dapat diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data didapat melalui teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk motif kain cual khas Bangka Belitung terdiri dari motif berbentuk flora dan fauna. Motif flora adalah motif yang berasal dari alam dan motif fauna adalah motif hewan yang sudah diubah bentuknya menjadi abstrak supaya kain bermotif fauna dapat digunakan untuk beribadah umat Islam. 2) Makna pada motif kain tenun cual berhubungan dengan daur hidup manusia. Manusia diharapkan dapat mempelajari sesuatu dari alam dan hewan karena ada pelajaran yang dapat dipelajari dari mereka dan diterapkan di kehidupan sehingga manusia dapat menjadi makhluk yang baik di dunia. Seperti salah satu motif fauna yaitu motif bebek yang mengajarkan tentang kekompakan, persatuan dan kesatuan terhadap sesama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Eni Puji Astuti, M.Sn. (Dosen Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Kain cual, makna, bentuk motif |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 02:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60904 |
Actions (login required)
View Item |