VIDEO GAME NINTENDO SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS

Isnen Pamungkas, Aldino (2018) VIDEO GAME NINTENDO SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img] Text
TAKS Aldino Isnen Pamungkas.PDF
Restricted to Repository staff only until 29 October 2019.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk merepresentasikan:1) Mendeskripsikan konsep penciptaan lukisan dengan ide penciptaan video game nintendo, 2) Mendeskripsikan teknik dan media yang akan digunakan dalam mewujudkan karya tersebut sehingga mendukung ide-ide yang akan dicapai, 3) Mewujudkan visualisasi bentuk video game nintendo menjadi objek-objek dalam lukisan. Metode yang digunakan dalam penciptaan lukisan ada tiga tahap yaitu eksplorasi, perancangan dan perwujudan. Tahapan eksplorasi meliputi aktivitas penjelajahan menggali sumber ide gagasan. Tahap perancangan yaitu tahap memvisualisasikan hasil dari penjelajahan atau analisa data kedalam berbagai alternatif desain (sketsa). Tahap perwujudan yaitu mewujudan rancangan terpilih. Hasil dari penciptaan karya lukisan dapat ditemukan hal-hal berikut: Konsep yang akan disajikan dalam karya-karya ini merupakan visualisasi dari video game nintendo dengan gambaran ilustrasi latar belakang video game , warna yang cenderung soft atau pop, bentuk yang disederhanakan, memakai media kanvas. Tema penciptaan dalam lukisan-lukisan ini adalah penulis ingin bernostalgia dengan moment saat kecil nya, hobi dan ketertarikannya lah yang secara tidak langsung mengenalkan penulis terhadap dunia seni rupa sampai saat ini dalam bentuk latar belakang video game nintendo. Teknik pewarnaan yang dengan teknik yang dipakai adalah teknik opaque yang membuat kesan flat dan tidak bervolume. Media penciptaan lukisan menggunakan kanvas. Bentuk lukisan yang diciptakan adalah lukisan ilustratif bergaya Pop Art yang flat, pada objek utama yaitu character Super Mario Bros, Pacman, Gradius, dan figur ciptaan penulis sendiri. Dengan pilihan warna-warna pastel atau soft. Semua ini merupakan upaya untuk menampilkan visualisasi hasil pemahaman gagasan melalui pengamatan langsung dan pengalaman pribadi. Karya yang dihasilkan sebanyak 8 karya lukis yang dikerjakan pada tahun pembuatan 2017 - 2018, antara lain berjudul: Choice (110cm x 140cm), Bloom (110cm x 140cm), I Believe It (110cm x 140cm), Space Candy #1 (110cm x 140cm), Space Candy #2 (110cm x 140cm), Love and Journey (110cm x 140cm), 1% skill, 90% Pray, 9% Pasrah (110cm x 140cm), Montage (110cm x 140cm).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Drs. Sigit Wahyu Nugroho, M.Si (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Video game Super Mario Bros, Pacman dan Gradius
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 17:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60901

Actions (login required)

View Item View Item