EFEKTIFITAS MASASE DAN TERAPI LATIHAN FLEKSIBILITAS TERHADAP PEMULIHAN RASA NYERI DAN KELENTUKAN EXTREMITAS BAWAH PADA KIPER FUTSAL

Purnomo, Radika Dwi (2018) EFEKTIFITAS MASASE DAN TERAPI LATIHAN FLEKSIBILITAS TERHADAP PEMULIHAN RASA NYERI DAN KELENTUKAN EXTREMITAS BAWAH PADA KIPER FUTSAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Radika Dwi Purnomo_14603144003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya para member kiper saat melakukan permainan mengalami keluhan rasa nyeri dan kelentukan extremitas bawah serta tidak mendapatkan penanganan yang lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas masase dan terapi latihan fleksibilitas terhadap pemulihan rasa nyeri dan kelentukan ekstremitas bawah pada kiper futsal. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest Design. Subjek penelitian ini adalah member kiper Futsal di GPS (Garuda Projotamansari) Futsal academy Bantul yang memenuhi kriteria sampel adalah sebanyak 15 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah sit and reach box dan skala numeric nyeri. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas masase terhadap pemulihan rasa nyeri ekstermitas bawah pada kiper futsal dengan nilai thitung 14,04, rerata 4,53 dan taraf interval kepercayaan 95% dengan nilai terendah 3,84 dan nilai tertinggi 5,22. Terdapat efektivitas latihan fleksibilitas terhadap peningkatan kelentukan ekstremitas bawah pada kiper futsal dengan nilai thitung 5,66, rerata 2,44 dan taraf interval kepercayaan 95% dengan nilai terendah 1,52 dan nilai tertinggi 3,37. Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan yaitu masase dan latihan fleksibilitas mampu memberikan perubahan terhadap rasa nyeri dan kelentukan extremitas bawah pada member kiper futsal GPS Futsal akademi Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: massase, latihan fleksibilitas.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2018 02:23
Last Modified: 30 Jan 2019 17:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60894

Actions (login required)

View Item View Item