PENGEMBANGAN MODUL CETAK PEMBELAJARAN GAMBAR ILUSTRASI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Moga Nugraha, Warid (2018) PENGEMBANGAN MODUL CETAK PEMBELAJARAN GAMBAR ILUSTRASI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa.

[img] Text
TAS WARID MOGA NUGRAHA.PDF
Restricted to Repository staff only until 29 October 2019.

Download (27MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul cetak pembelajaran gambar ilustrasi yang sesuai untuk siswa di kelas VIII di SMP N 3 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) adaptasi Borg dan Gall yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu: (1) pengumpulan data dan informasi; (2) melakukan perencanaan; (3) mengembangkan produk awal; (4) validasi ahli (validasi ahli media dan ahli materi); (5) uji coba kelayakan kelompok besar yang dilakukan kepada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Depok, Sleman yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Bentuk produk adalah modul yang memenuhi kelengkapan (self- contained) dan kemudahan menggunakan (User-friendly). Modul tersebut berukuran kuarto/A4 (210 mm x 297 mm) dengan sampul kertas ivory ketebalan 190gr dan isi modul menggunakan kertas HVS 80gr disajikan secara potrait berisi sebanyak 42 halaman isi materi dan 2 lembar sampul. Modul memuat materi tentang sejarah gambar ilustrasi, pengertian ilustrasi, fungsi ilustrasi, ciri-ciri ilustrasi, jenis gambar ilustrasi, unsur gambar ilustrasi, teknik menggambar ilustrasi, dan menggambar komik strip. Modul telah melewati tahap validasi, dan telah memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran sebagai suplemen tambahan bagi peserta didik. Perolehan presentase dari ahli media sebesar 92,5 % dengan kriteria sangat baik, dari ahli materi sebesar 93,1 % dengan kriteria sangat baik, dan uji coba kelayakan kelompok besar memperoleh presentase sebesar 88,2% dengan kriteria sangat baik. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 3 Depok, Sleman, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Bambang Prihadi, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 30 Oct 2018 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 17:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60883

Actions (login required)

View Item View Item