KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SD SE-KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH

Ega Christyawan, Agusta (2018) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SD SE-KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (Agusta Ega Christyawan).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru sering dijadikan tokoh teladan bagi peserta didik, bahkan ada juga yang menjadikan guru sebagai tokoh identifikasi diri. Guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang memadai untuk mengembangkan peserta didik secara utuh. Maka dari itu perlu diketahuiterlebih dahulu seberapa besar kompetensi kepribadian guru zaman sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani SD se-Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini sekitar 800 lebih sekolah dasar, sampel yang diambil sebanyak 80 sekolah dasar. Namun responden yang bersedia dan siap hanya 56 sekolah dasar. Instrumen yang digunakan berupa skala kepribadian dengan 29 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa terdapat 2 guru (4,00%) yang berkategori sangat baik, 16 guru (28,57%) kategori baik, 22 guru (39,28%) kategori cukup baik, 9 guru (16,08%) kategori buruk, 7 guru (17,50%) kategori sangat buruk. Berdasarkan hasil persentase dan frekuensi terlihat bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani SD se-Kabupaten Klaten yang mempunyai peresentase paling tinggi yaitu pada kategori cukup baik dengan peresentase sebesar 39,28%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, kepribadian, Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2018 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 17:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60870

Actions (login required)

View Item View Item