EFEKTIVITAS PROGRAM TERAPI REHABILITASI CEDERA TERHADAP PENINGKATAN ROM DAN PENURUNAN BENGKAK PASCA REKONSTRUKSI ACL DI JOGJA SPORTS CLINIC

Sustiwi, Rahayu (2018) EFEKTIVITAS PROGRAM TERAPI REHABILITASI CEDERA TERHADAP PENINGKATAN ROM DAN PENURUNAN BENGKAK PASCA REKONSTRUKSI ACL DI JOGJA SPORTS CLINIC. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rekonstruksi ACL merupakan prosedur bedah yang dilakukan oleh ortopedi untuk penggantian ligamen yang robek ataupun putus dengan menggunakan cangkok jaringan. Tindakan rekonstruksi biasanya akan mengakibatkan gangguan fungsi, seperti penurunan fungsi ROM dan adanya bengkak. Oleh karena itu perlu adanya perawatan terapi rehabilitasi cedera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Efektivitas Program Terapi Rehabilitasi Cedera terhadap Peningkatan ROM dan Penurunan Bengkak Pasca Rekonstruksi ACL di Jogja Sports Clinic. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan data sekunder berupa Rekam Medis pasien Jogja Sports Clinic. Populasi penelitian ini adalah semua pasien yang menjalani terapi rehabilitasi cedera pasca rekonstruksi ACL di Jogja Sports Clinic bulan Mei 2017-Juni 2018 sebanyak 22 pasien, dengan sampel yang memenuhi kriteria telah menjalani terapi rehabilitasi cedera fase 2 sebanyak 20 pasien. Terapi rehabilitasi yang digunakan di Jogja Sports Clinic meliputi, terapi manual (massage), electrotherapy (TENS), terapi latihan (ROM exercise) dan coldtherapy (terapi dingin). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pita ukur (tape), dan goniometer. Uji t digunakan untuk menganalisis data bengkak dan uji Wilcoxon untuk data ROM. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas peningkatan ROM pada gerakan fleksi aktif sebesar 32,69%, fleksi pasif sebesar 32,80%, ekstensi aktif sebesar 49,45%, ekstensi pasif sebesar 95,16% dan penurunan bengkak sebesar 1.12%, dengan nilai signifikan p<0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terapi rehabilitasi efektiv untuk meningkatkan ROM serta menurunkan bengkak pasca rekonstruksi ACL.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terapi Rehabilitasi, Rekonstruksi ACL, Jogja Sports Clinic.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:24
Last Modified: 30 Jan 2019 17:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60849

Actions (login required)

View Item View Item