PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PENCAPAIAN KOMPTENSI MATERI PENGELOMPOKAN BENANG TEKSTIL SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG

Apriliani, Rizki (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PENCAPAIAN KOMPTENSI MATERI PENGELOMPOKAN BENANG TEKSTIL SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKIAPRILIANI 11513241025.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui pencapaian kompetensi pengelompokan benang tekstil siswa kelas X SMK N 2 Temanggung sebelum menggunakan metode pembelajaran make a match, (2) mengetahui pencapaian kompetensi pengelompokan benang tekstil siswa kelas X SMK N 2 Temanggung setelah menggunakan metode pembelajaran make a match, (3) mengetahui pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap pencapaian kompetensi materi pengelompokan benang tekstil siswa kelas X SMK N 2 Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimen. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda, lembar observasi, dan penilaian unjuk kerja. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X Busana Butik yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Busana 1 dan kelas X Busana 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling berupa simple random sampling. Validitas yang digunakan yaitu validitas isi dengan pertimbangan ahli (judgment expert) dan validitas konstruk dengan uji empiris. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pencapaian kompetensi pengelompokan benang tekstil sebelum menggunakan metode pembelajaran make a match sebanyak 24 siswa diperoleh 2 siswa (8,33%) tidak tuntas dan 22 (81,67%) siswa tuntas dengan nilai tertinggi 90, nilai terendah 67, dan nilai ratarata 80, (2) pencapaian kompetensi pengelompokan benang tekstil setelah menggunakan metode pembelajaran make a match sebanyak 24 siswa diperoleh 24 siswa (100,00%) siswa tuntas dengan nilai tertinggi 94, nilai terendah 79, dan nilai rata-rata 89, (3) terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran make a match pada pencapaian kompetensi pengelompokan benang tekstil. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan p value sebesar 0,00 < 0,05 berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran make a match memiliki pengaruh positif terhadap pencapaian kompetensi materi pengelompokan benang tekstil sisnwa kelas X SMK Negeri 2 Temanggung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode make a match, benang tekstil
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:34
Last Modified: 30 Jan 2019 17:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60847

Actions (login required)

View Item View Item