PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA MELALUI PENERAPAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS X SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

Iffat, Amalia (2018) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA MELALUI PENERAPAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS X SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMALIA IFFAT27.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan motivasi belajar memilih bahan baku busana, 2) Mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa kelas X dalam pembelajaran memilih bahan baku busana menggunakan media komik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta dengan subyek penelitian sejumlah 22 siswi kelas X busana butik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Pembuktian validitas berdasarkan pendapat para ahli (judgement expert), meliputi: ahli materi, ahli media, dan ahli evaluasi. Uji reliabilitas menggunakan reliabilitas antar-coder (intercoder reliability). Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen penelitian sudah valid dan dinyatakan reliabel sehingga dinyatakan layak digunakan untuk mengambil data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media komik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2) Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa yang tinggi pada siklus 1. Persentase peningkatan motivasi belajar siswa meningkat sebanyak 63,7% pada penilaian skor lembar observasi dari 13,60% menjadi 63,7%. Sedangkan pada penilaian skor angket peningkatannya sebesar 50% dari 31,80% menjadi 81,80%. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis penelitian yang berbunyi “penggunaan media komik pada mata pelajaran memilih bahan baku busana dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta”, dapat diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar siswa, memilih bahan baku busana, media komik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:32
Last Modified: 30 Jan 2019 17:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60846

Actions (login required)

View Item View Item