PENGARUH LATIHAN BODYWEIGHT DENGAN TOTAL-BODY RESISTANCE EXERCISE (TRX) TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT PADA MEMBERS THE FITLAB HOTEL TARA

Wicaksono, Iswadi Sigit (2018) PENGARUH LATIHAN BODYWEIGHT DENGAN TOTAL-BODY RESISTANCE EXERCISE (TRX) TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT PADA MEMBERS THE FITLAB HOTEL TARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Iswadi Sigit Wicaksono_14603141016.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang peneliti lakukan terhadap members The Fitlab Hotel khususnya member wanita, banyak members yang ingin melatih kekuatan otot hanya berfokus pada latihan beban luar seperti menggunakan gym machines ataupun free weight yang dilakukan secara terusmenerus sehingga menimbulkan rasa bosan pada members saat berlatih. Berdasarkan masalah yang telah dirumuskan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh latihan bodyweight dengan Total-body Resistance Exercise (TRX) terhadap Peningkatan Kekuatan Otot pada Members The Fitlab Hotel Tara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah Members The Fitlab Hotel Tara yang berjumlah 11 peserta. Instrumen yang digunakan leg and back dynamometer, hand grip dynamometer, dan pull and push dynamometer. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase peningkatan pada kekuatan otot tungkai sebesar 6,88 %, persentase peningkatan pada kekuatan otot punggung sebesar 10,17 %, persentase peningkatan pada kekuatan otot tangan sebesar 10,4 %, persentase peningkatan pada kekuatan menarik otot lengan sebesar 8,67 %, persentase peningkatan pada kekuatan mendorong otot lengan sebesar 11,26 %. Dengan demikian disimpulkan ada pengaruh Latihan bodyweight dengan total-body resistance exercise (TRX) terhadap peningkatan kekuatan otot pada members The Fitlab Hotel Tara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Latihan Bodyweight, Total-body Resistance Training, Kekuatan Otot
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2018 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 17:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60842

Actions (login required)

View Item View Item