PENGARUH TERAPI MASASE DAN STRETCHING TERHADAP PEMULIHAN GANGGUAN KETEGANGAN OTOT TUNGKAI JAMA’AH PENGAJIAN MASJID AL-MUHTADIN PLUMBON

Mukti, Abdul (2018) PENGARUH TERAPI MASASE DAN STRETCHING TERHADAP PEMULIHAN GANGGUAN KETEGANGAN OTOT TUNGKAI JAMA’AH PENGAJIAN MASJID AL-MUHTADIN PLUMBON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Abdul Mukti_14603141039.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jamaah pengajian Masjid Al-Muhtadin Plumbon yang sering mengalami gangguan ketegangan otot saat melakukan aktivitas pengajian. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh terapi masase terhadap pemulihan gangguan ketegangan otot tungkai pada jama’ah pengajian Masjid Al-Muhtadin Plumbon, (2) pengaruh Stretching terhadap pemulihan gangguan ketegangan otot tungkai pada jama’ah pengajian Masjid Al-Muhtadin Plumbon. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan model one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah jama’ah pengajian Masjid Al-Muhtadin Plumbon sebanyak 50 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapat sampel sejumlah 30 orang. Sampel penelitian dibagi menjadi 2 kelompok menggunakan teknik ordinal pairing. Instrumen dalam penelitian ini yaitu Numeric Rating Scale (NRS) atau Skala Numerik yang memiliki skor 0 sampai 10. Analisis data penelititan ini menggunakan analisis data deskriptif, uji normalitas menggunakan Saphiro-walk Test (p>0,05), uji homogenitas dicari dengan uji Levene test (p>0,05), dan dilanjutkan uji paired ttest untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh terapi masase terhadap pemulihan gangguan ketegangan otot tungkai jama’ah pengajian Masjid Al-Muhtadin Plumbon secara signifikan; (2) adanya pengaruh stretching terhadap pemulihan gangguan ketegangan otot tungkai jama’ah pengajian Masjid AlMuhtadin Plumbon secara signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: terapi masase, stretching, ketegangan otot.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2018 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 17:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60839

Actions (login required)

View Item View Item