PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN PUFF PASTRY DENGAN METODE INGGRIS UNTUK SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PRODUK PASTRY & BAKERY DI SMK N 4 SURAKARTA

Nasya, Ismi (2018) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN PUFF PASTRY DENGAN METODE INGGRIS UNTUK SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PRODUK PASTRY & BAKERY DI SMK N 4 SURAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ISMI NASYA_13511241040.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangankan media video pembelajaran pembuatan puf pastry dengan metode inggris untuk siswa kelas XI pada mata pelajaran Produk Pastry & Bakery di SMK N 4 Surakarta. 2) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran pembuatan puf pastry dengan metode inggris untuk siswa kelas XI pada mata pelajaran Produk Pastry & Bakery di SMK N 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4D yaitu 1) Define : analisis awal dan analisis kebutuhan. 2) Design : membuat story board, script/naskah dan produksi video pembelajaran. 3) Development : validasi dan revisi oleh ahli media dan ahli materi serta hasil media video diujikan secara terbatas. 4) Disseminate : penyebarluasan yang meliputi pengujian kelayakan pada siswa kelas XI Patiseri SMK N 4 Surakarta dan penyebaran melalui internet. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Data dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah : 1) Penelitian menghasilkan sebuah video pembelajaran pembuatan puf pastry dengan durasi 9 menit 39 detik. Video berisi proses pembuatan puf pastry yang dimulai dari persiapan diri, persiapan alat, persiapan bahan, proses pembuatan dan kriteria hasil produk yang baik. Video dapat diakses melalui chanel youtube pada https://youtu.be/BS557i2H4Sk. 2) Kelayakan media video pembelajaran dari ahli materi memperoleh presentase 93,06%, dari hasil perolehan data tersebut media video pembelajaran masuk kategori sangat layak. Perolehan validasi oleh ahli media memperoleh presentase 100%, dari hasil perolehan data tersebut media video pembelajaran masuk kategori sangat layak. Pada uji coba terbatas kepada 15 siswa Kelas XII Patiseri SMK N 4 Surakarta memperoleh presentase 89,95%, dari perolehan data tersebut media video pembelajaran masuk katergori sangat layak digunakan untuk pembelajaran, pembuatan media video pembelajaran disebarkan atau diujikan pada 30 siswa di kelas XI Patiseri SMK N 4 Surakarta dan memperoleh presentase 92,67%, menunjukan media video pembelajaran sangat layak digunakan sebagai media untuk membantu guru menyampaikan materi puf pastry.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Media Video, Puf Pastry
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Oct 2018 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 17:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60831

Actions (login required)

View Item View Item