PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK N 1 BANTUL

Wati, Elisa Meida (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK N 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Elisa Meida Wati_14520241025_Naskah Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menciptakan sebuah media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi di SMK N 1 Bantul, (2) mengetahui kinerja dari media pembelajaran interaktif yang dikembangkan, dan (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) berdasarkan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) analysis, membuat analisis kebutuhan (materi, fitur, dan perangkat yang dibutuhkan); (2) design, merancang materi, desain tampilan, flowchart, dan storyboard; (3) development, mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan software Adobe Flash CS6, dan validasi formatif serta validasi konstruk; (4) implementation, menerapkan produk kepada siswa dan penilaian siswa terhadap produk atau validasi sumatif; (5) evaluation, mengevaluasi produk yang telah direvisi oleh validator dengan membenarkan produk sesuai saran. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif Teknik Animasi 2 Dimensi berbasis Adobe Flash, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli media sebesar 91,3% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 88,67% dengan kategori sangat layak, dan untuk penilaian siswa terhadap media pembelajaran sebesar 84,375% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai referensi bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, Teknik Animasi 2 Dimensi, kelayakan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Oct 2018 01:05
Last Modified: 30 Jan 2019 17:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60830

Actions (login required)

View Item View Item