HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKUATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Prasetyo, Bayu Andi (2018) HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKUATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
15. SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru penjasorkes dalam melaksanakan pembelajaran akuatik di Sekolah Dasar seKecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Hasil uji validasi dan reliabilitas instrumen yaitu sebesar 0,974. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru penjasorkes se-Kecamatan Pengasih, yang berjumlah 30 guru penjasorkes. Teknik anilis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan besarnya faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran akuatik di Sekolah Dasar seKecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2018/2019 berada pada kategori “Menghambat” dengan persentase sebesar 60%. Penelitian ini dibatasi oleh beberapa faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yaitu guru dalam kategori “menghambat” dengan persentase sebesar 60%, dan faktor ekstern dalam kategori “menghambat” dengan persentase sebesar 53,3%. Faktor ekstern meliputi: (1) faktor siswa dalam kategori “menghambat” dengan persentase sebesar 67,3%, (2) faktor materi dalam kategori “tidak menghambat” dengan persentase 60%, (3) faktor sarana dan prasarana dalam kategori “tidak menghambat” dengan persentase sebesar 46,7 %, dan (4) faktor lingkungan dalam kategori “menghambat” dengan persentase sebesar 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hambatan pelaksanaan pembelajaran akuatik di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo berada pada kategori menghambat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor penghambat, pembelajaran dan akuatik.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2018 01:01
Last Modified: 30 Jan 2019 17:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60828

Actions (login required)

View Item View Item