Irsyad Nur Hamid, Irsyad (2018) KEPRIBADIAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING YANG IDEAL BAGI SISWA SMA SE KECAMATAN GOMBONG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
SKRIPSI IRSYAD NUR HAMID.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kepribadian guru bimbingan dan konseling yang ideal bagi siswa SMA Se Kecamatan Gombong, dan (2) alasan memilih kepribadian yang dipandang ideal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Se Kecamatan Gombong dengan jumlah keseluruhan adalah 759 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling yang dihitung berdasarkan tabel Krecjie dan Morgan pada taraf signifikan 5%. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Se Kecamatan Gombong sebanyak 256 siswa. Validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha sebesar 0,981. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepribadian guru bimbingan dan konseling yang ideal bagi siswa SMA. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecenderungan kepribadian guru bimbingan dan konseling yang ideal bagi siswa SMA Se Kecamatan Gombong berada pada kategori ideal sebesar (97,66%); dan (2) hasil penelitian menemukan bahwa dari 46 indikator yang dianggap menentukan ideal tidaknya seorang guru BK terdapat 10 indikator utama yang meliputi adalah indikator jujur, memiliki kesanggupan, emosinya stabil, mampu memahami orang lain, sabar, sehat jasmani, berkomunikasi secara efektif, berpandangan positif, keteguhan hati, dan beragama. Kata kunci: Kepribadian, Guru Bimbingan dan Konseling, Ideal
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 04:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60802 |
Actions (login required)
View Item |