PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCIENCE, ENVIRONTMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Widyaningrum, Dewi Sita and Wiyatmo, Yusman (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCIENCE, ENVIRONTMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
FULL DRAFT.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD berbasis SETS yang layak digunakan untuk pembelajaran Momentum, Impuls, dan Tumbukan pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan, (2) mengetahui peningkatan literasi sains dan teknologi pada aspek konteks, kompetensi, sikap ilmiah, dan pengetahuan/konten peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan setelah pembelajaran menggunakan LKPD berbasis SETS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R&D) model 4-D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis SETS serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar keterlaksanaan RPP, angket respon peserta didik terhadap LKPD, angket sikap ilmiah, dan soal pretest – posttest. Tahap develop dilakukan dengan validasi instrumen oleh validator ahli dan validator prakisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Tahap disseminate dilakukan dengan penyebaran LKPD berbasis SETS dalam skala yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dihasilkan produk berupa LKPD berbasis SETS yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan teknologi peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan pada materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan, (2) peningkatan kemampuan literasi sains dan teknologi pada aspek konteks, kompetensi, sikap ilmiah, dan pengetahuan/konten peserta didik SMA kelas X dengan menggunakan LKPD berbasis SETS pada materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan dengan gain score hasil tes sebesar 0,70 dalam kategori sedang, dan gain score untuk sikap ilmiah peserta didik dalam literasi sains sebesar 0,06 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, SETS, Literasi Sains dan Teknologi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 17:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60761

Actions (login required)

View Item View Item