TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP SE-KECAMATAN PONJONG TERHADAP MATERI PENCAK SILAT

Annaqi, Muhammad Azis (2018) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP SE-KECAMATAN PONJONG TERHADAP MATERI PENCAK SILAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skipsi fulll fx.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diketahuinya tingkat Pemahaman guru PJOK terhadap Materi pencak silat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SMP Se-Kecamatan Ponjong terhadap materi pencak silat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SMP Se-Kecamatan Ponjong yang ada di Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 12 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner/angket, dengan validitas menggunakan rumus Korelasi product moment rtabel sebesar 0,632 dan koefisien realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach r11 sebesar 0,986. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang berupa presentase melalui rumus penilaian acuan pathokan dengan menggunakan perhitungan microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SMP Se-Kecamatan Ponjong terhadap materi pencak silat adalah dalam katagori Kurang. Hasil tersebut ditunjukan dengan perincian sebagai berikut. Kategori sangat baik sebesar 0% atau 0 orang, diikuti pada kategori baik sebesar 25% atau 3 orang, kemudian kategori cukup sebesar 33,33% atau 4 orang, kategori kurang sebesar 41,66% atau 5 orang dan pertimbangan rerata sebesar 17,83.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, guru PJOK, materi pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Oct 2018 09:03
Last Modified: 30 Jan 2019 17:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60760

Actions (login required)

View Item View Item