TINGKAT KETERAMPILAN SERVICE PENDEK DAN SERVICE PANJANG DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH BODON TAHUN AJARAN 2018/2019

Susilo, Wisnu Agung (2018) TINGKAT KETERAMPILAN SERVICE PENDEK DAN SERVICE PANJANG DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH BODON TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_WISNU AGUNG SUSILO_14604221037.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan service pendek dan service panjang dalam permainan bulutangkis siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Bodon Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bodon, Banguntapan, Bantul. Sampel data penelitian ini berjumlah 29 anak yang terdiri dari 18 siswa lakilaki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik tes servis pendek dan servis panjang. Data-data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan servis pendek dan servis panjang dalam permainan bulutangkis siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Bodon, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta untuk variabel servis pendek siswa putra dalam kategori sangat tinggi sebanyak 1 siswa (6%), 6 siswa kategori tinggi (33%), 6 siswa kategori sedang (33%), 4 siswa kategori rendah (22%), dan 1 siswa kategori sangat rendah (6%), sedangkan tingkat keterampilan servis pendek siswa putri dalam kategori sangat tinggi sebanyak 1 siswa (9%), 1 siswa kategori tinggi (9%), 6 siswa kategori sedang (55%), 2 siswa kategori rendah (18%), dan 1 siswa kategori sangat rendah (9%). Kemudian untuk variabel servis panjang, tingkat keterampilan servis panjang siswa putra dalam kategori sangat tinggi sebanyak 1 siswa (6%), 4 siswa kategori tinggi (22%), 6 siswa kategori sedang (33%), 7 siswa kategori rendah (39%), dan 0 siswa kategori sangat rendah (0%), sedangkan tingkat keterampilan servis panjang siswa putri dalam kategori sangat tinggi sebanyak 2 siswa (18%), 0 siswa kategori tinggi (0%), 6 siswa kategori sedang (55%), 2 siswa kategori rendah (18%), dan 1 siswa kategori sangat rendah (9%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Servis Pendek dan Servis Panjang, Siswa Kelas V SD
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Oct 2018 07:54
Last Modified: 30 Jan 2019 17:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60755

Actions (login required)

View Item View Item