PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROGRAM PPG DAN PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Sugiharto, Mohammad (2018) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROGRAM PPG DAN PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Mohammad Sugiharto_14804244012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) persepsi mahasiswa tentang program PPG terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNY. (2) persepsi mahasiswa tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNY. Serta (3) persepsi mahasiswa tentang program PPG dan profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNY. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif kausal dengan anggota populasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan tahun 2014—2016 sebanyak 212 mahasiswa. Sampel penelitian ini sebanyak 147 mahasiswa yang diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) persepsi mahasiswa tentang program ppg berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru, (2) persepsi mahasiswa tentang profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru, (3) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi mahasiswa tentang program ppg dan profesi guru terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,584 dapat diartikan bahwa sebesar 58,4% minat mahasiswa menjadi guru dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang program ppg dan profesi guru sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat menjadi guru, persepsi tentang program ppg, profesi guru
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 17:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60742

Actions (login required)

View Item View Item