RELAYOUT RUANG PERALATAN DAN SPESIAL SERVICE TOOLS PADA BENGKEL INDOMOBIL NISSAN DATSUN SOLO BARU

Nugroho, Andhika Rahmat (2018) RELAYOUT RUANG PERALATAN DAN SPESIAL SERVICE TOOLS PADA BENGKEL INDOMOBIL NISSAN DATSUN SOLO BARU. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PROYEK AKHIR.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Tujuan Proyek Akhir ini adalah : (1) Melakukan relayout pada ruang peralatan dan SST dengan menata kembali dan menyesuaikan posisi agar ruangan bisa terlihat rapi dan setelah dilakukan relayout dapat menyingkat waktu mekanik atau anak magang dalam penyarian alat dan special service tools, (2) Relayout memudahkan dan mempercepat peminjaman alat-alat yang terdapat pada ruang peralatan dan SST, karena pengelompokan alat yang sering digunakan oleh mekanik. Pada proyek akhir ini membahas tentang proses relayout ruangan dimana di dalamnya terdapat penerapan–penerapan terkait layout, manajemen, efisiensi, ergonomi, dan keselamatan kerja yang diterapkan pada bengkel Nissan Datsun Solo Baru. Pada bengkel Nissan Datsun Solo Baru sudah menerapkan sistem manajemen penataan ruang, namun ada beberapa hal yang harus di perbarui kususnya pada penataan alat pada ruang peralatan dan SST. Sehingga penulis membuat layout baru untuk menata kembali ruang peralatan dan SST dengan mengacu pada desain yang sudah di buat sebelumnya. Hasil proyek akhir sangat mempengaruhi dalam hal efektifitas waktu dalam pencarian alat, dan keselamatan kerja pada ruang peralatan dan SST. Dari proses penataan ulang atau relayout juga mempermudah kinerja teknisi yang akan mencari peralatan atau SST pada ruang alat, dengan mengelompokan alat yang sering digunakan dan pemberian daftar keterangan alat dan daftar peminjaman alat. Hal ini sebagai upaya untuk menerapkan manajemen yang sesuai dengan SOP (standart operating procedures) yang ada pada bengkel Nissan Datsun Solo Baru.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: penataan ulang atau relayout ruang peralatan dan SST, memudahkan kerja teknisi, dan penerapan manajemen penataan ruangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:07
Last Modified: 29 Jan 2019 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60735

Actions (login required)

View Item View Item