PENATAAN GUDANG SPARE PART DENGAN PENDEKATAN STANDAR 5S DAN SISTEM FIRST IN FIRST OUT DI PT. WAHANA SUN SOLO (NISSAN DATSUN SOLO JEBRES)

Yulianto, Bagas Tri (2018) PENATAAN GUDANG SPARE PART DENGAN PENDEKATAN STANDAR 5S DAN SISTEM FIRST IN FIRST OUT DI PT. WAHANA SUN SOLO (NISSAN DATSUN SOLO JEBRES). D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah Laporan Proyek Akhir.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penataan gudang spare part dengan standar 5S dan sistem First In First Out dilakukan dengan tujuan yaitu melakukan penataan gudang spare part dengan standar 5S dan sistem FIFO serta melakukan pengujian terhadap hasil penataan gudang spare part dengan standar 5S dan sistem FIFO. Penataan gudang ini dilakukan dengan beberapa tahapan proses yaitu 1. Proses perencanaan yang meliputi identifikasi masalah yang ada di gudang spare part, 2. Perencanaan model penerapan 5S dan sistem FIFO dengan mendesain menggunakan software sketchup dan coreldraw, 3. Proses pembuatan yang meliputi memperkecil bin box, pembuatan rak untuk part bodi, penomoran lorong, penamaan rak, penamaan tempat, penempelan garis policy line, pengkodean/penomoran spare part di rak, perubahan lokasi di sistem DMS dan penataan gudang serta penerapan sistem FIFO, 4. Proses pengujian dengan cara studi waktu pada saat pencarian dan penyimpanan spare part serta dengan lembar penilaian. Hasil pengujian studi waktu setelah dilakukan penataan gudang, efisiensi waktu pencarian spare part fast moving 66% dan spare part slow moving 25%, efisiensi waktu penyimpanan spare part fast moving 44% dan spare part slow moving 31%. Dari hasil perhitungan indeks penilaian sesudah dilakukan penataan gudang spare part dengan standar 5S dan penerapan sistem FIFO memiliki indeks penilaian sebesar 84,6%. Waktu partman dalam melakukan pencarian dan penyimpanan spare part lebih efisien waktu dan lebih cepat.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: 5S, FIFO, Gudang, Spare Part, Efisien
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:59
Last Modified: 29 Jan 2019 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60722

Actions (login required)

View Item View Item