PEMBUATAN RAK BEMPER SEBAGAI IMPLEMENTASI KONSEP KAIZEN DI BENGKEL NISSAN DATSUN SOLO BARU

Wicaksana, Nanda Putra (2018) PEMBUATAN RAK BEMPER SEBAGAI IMPLEMENTASI KONSEP KAIZEN DI BENGKEL NISSAN DATSUN SOLO BARU. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
laporan proyek akhir.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Proyek Akhir ini adalah : (1) Dapat membuat tempat berupa rak untuk persediaan part bemper di gudang sparepart Nissan Solo Baru., (2) Mengetahui hasil dari rak yang sudah dibuat sebagai penataan persediaan part bemper di gudang sparepart Nissan Solo Baru,(3) Sebagai upaya yang sudah dilakukan yaitu penataan ulang pada sparepart sebagai langkah penerapan sebagian 5S pilar sistem kaizen. Metode yang digunakan dalam pembahasan yaitu sistem kaizen dimana di dalamnya terdapat penerapan – penerapan terkait 5S sebagai pilar sistem kaizen, yang diterapkan pada bengkel Nissan Datsun Solo Baru kususnya gudang sparepart. Salah satu bagian dari 5S yaitu Seiton yang artinya penataan, yang akan diterapkan pada gudang sparepart kususnya sparepart bemper. Sehingga penulis membuat tempat untuk penataan ulang pada sparepart bemper dengan mengacu pada desain. Dari hasil pengerjaan penulis memerlukan waktu kurang lebih 5 minggu mulai dari analisa, perencanaan, pembuatan, sampai langkah penataan ulang. Penataan ulang dilakukan dengan cara mengelompokkan, juga memberi penomoran part bemper yang mudah dibaca, agar memudahkan dalam proses pelayanan. Penataan ulang juga mempengaruhi keselamatan kerja, baik keselamatan pada sparepart maupun para karyawan saat bekerja. Berdasarkan hasil yang telah dicapai dari keseluruhan proses penataan ulang, maka dapat diambil kesimpulan perlunya pembuatan rak untuk penataan ulang pada sparepart bemper. Rak untuk penataan ulang menggunakan bahan besi siku, yang bertujuan untuk memperkecil potensi terjadinya kerusakan pada bemper.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: membuat tempat untuk part bemper, penataan persediaan part bemper, dan penerapan sebagian 5S pilar sitem Kaizen
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:00
Last Modified: 29 Jan 2019 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60714

Actions (login required)

View Item View Item