PEMBUATAN ALAT BANTU TEKNISI DALAM PENYETELAN SEMPROTAN AIR WASHER DI PT. WAHANA SUMBER BARU YOGYA (NISSAN-DATSUN MAGELANG)

Sholihin, Ahmad (2018) PEMBUATAN ALAT BANTU TEKNISI DALAM PENYETELAN SEMPROTAN AIR WASHER DI PT. WAHANA SUMBER BARU YOGYA (NISSAN-DATSUN MAGELANG). D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
PROSES WISUDA BISMILLAH (scan).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah: (1) mengetahui peralatan dan mesin apa saja yang digunakan dalam proses pembuatan pembuatan alat bantu teknisi dalam penyetelan arah semprotan air washer berbasis laser, (2) mengetahui bagaimana proses pembuatan, (3) mengetahui hasil uji kinerja dari alat bantu teknisi dalam penyetelan arah semprotan air washer. Metode yang digunakan untuk pembuatan alat bantu teknisi dalam penyetelan arah semprotan air washer berbasis laser adalah pengambilan data ukuran, identifikasi gambar kerja, identifikasi mesin dan alat yang digunakan. Alat dan mesin yang digunakan untuk mengetahui hasil tujuan dari penulisan laporan ini antara lain mesin bubut, mesin las, mesin gergaji, mesin bor. Alat perkakas bantu yang digunakan antara lain: jangka sorong, mistar baja, ragum, tang kombinasi. Tahapan proses pembuatan adalah proses pemotongan, proses pengeboran, proses pengelasan, proses pembubutan dan proses penggerindaan. Dari hasil pengujian setelah dilakukan improvement dari alat tersebut didapatkan kesimpulan bahwa alat ini dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan fungsinya. Hasil kinerja alat diperoleh hasil dapat memangkas waktu penyetelan sebesar 45 detik serta langkah teknisi dalam penyetelan arah semprotan washer menjadi lebih singkat yaitu 1 siklus kerja

Item Type: Thesis (D3)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, MT. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Laser, Washer, Teknisi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:59
Last Modified: 29 Jan 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60710

Actions (login required)

View Item View Item