REDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN CENTRAL DOOR LOCK

Fannani, Khoirul Umam (2017) REDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN CENTRAL DOOR LOCK. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
PA_OTO_14509134022_KHOIRUL UMAM FANNANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembuatan proyek akhir ini adalah untuk meredesain, membuat ulang dan mengetahui kinerja media pembelajaran central door lock yang ada dibengkel Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta agar menjadi media yang mudah dipahami mahasiswa saat melakukan praktik. Proses redesain media pembelajaran central door lock dilakukan dalam beberapa tahapan.Tahapan yang pertama yaitu : proses mengidentifikasi media pembelajaran central door lock lama dan mendesain/merancang media pembelajaran central door lock yang baru. Tahapan yang kedua proses pembuatan ulang meliputi pemilihan bahan-bahan yang digunakan, pembuatan rangka media, pembuatan papan media dan perakitan media. Yang terakhir dilakukan pengujian hasil media. Hasil dari redesain media pembelajaran central door lock dengan perancangan dan berbagai aspek pertimbangan adalah dihasilkan media central door lock dengan ukuran 90 cm x 76 cm, aman dan nyaman digunakan untuk praktik. Sistem kelistrikan pada media pembelajaran central door lock dapat bekerja dengan baik. Sistem ini bekerja dengan baik dibuktikan dengan pengujian fungsi komponen dan sistem rangkaian pada media pembelajaran central door lock. Pada pengujian fungsi komponen dilakukan pengukuran kontinuitas menggunakan multimeter. Dari hasil uji diketahui seluruh komponen mempunyai kontinuitas dan dapat disimpulkan komponen tersebut dalam keadaan baik. Pada pengujian sistem rangkaian, sistem kelistrikan pada media pembelajaran tersebut dirangkai sesuai dengan wiring diagram. Dari hasil uji sistem rangkaian diketahui saat switch door lock ditekan pada posisi up/lock keempat tuas motor door lock bergerak maju/mengunci. Saat switch door lock ditekan pada posisi down/unlock, keempat tuas motor door lock bergerak ke posisi semula/membuka. Pada pengujian media, media ini layak digunakan dibuktikan dengan pengujian menggunakan angket dihasilkan angka 3,41. Angka tersebut masuk dalam rentan nilai tertinggi yaitu 3,26 – 4,00. Jadi dapat disimpulkan hasil dari redesain media pembelajaran central door lock sangat layak dan tidak perlu revisi.

Item Type: Thesis (D3)
Additional Information: Drs. Agus Partawibawa, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:33
Last Modified: 29 Jan 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60680

Actions (login required)

View Item View Item