EFEKTIVITAS TERAPI MASASSE DENGAN TERAPI LATIHAN TERHADAP PEMULIHAN PASCA CEDERA PERGELANGAN KAKI DAN OTOT GASTROCNEMIUS PADA PESILAT UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Yusuf, Muhammad Abdul (2018) EFEKTIVITAS TERAPI MASASSE DENGAN TERAPI LATIHAN TERHADAP PEMULIHAN PASCA CEDERA PERGELANGAN KAKI DAN OTOT GASTROCNEMIUS PADA PESILAT UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Muhammad Abdul Yusuf_14603141013.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Cedera pergelangan kaki merupakan cedera muskuloskeletal yang biasanya disertai dengan pembengkakan dan nyeri. Cedera ini sering terjadi secara umum menimpa pada para pelaku aktivitas olahraga terutama olahraga dengan karakteristik high impact. Penanganan yang salah akan menyebabkan ketidakstabilan sendi, hingga menurunnya tingkat keseimbangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif kombinasi terapi masase dan terapi latihan terhadap pemulihan pasca cedera pergelangan kaki dengan otot gastrocnemius pada pesilat UKM Pencak Silat UNY. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pesilat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat UNY. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang dihitung dengan rumus Slovin didapatkan sampel sebanyak 15 orang. Data yang dikumpulkan adalah ROM pergelangan kaki dan skala nyeri baik sebelum maupun sesudah perlakukan. Teknik analisis data menggunakan uji-t atau Paired Samples t Test setelah sebelumnya melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ROM dengan nilai p = 0.000 (p<0.05) setelah mendapatkan perlakuan kombinasi terapi masase dan terapi latihan terhadap pemulihan cedera pergelangan kaki dan otot gastrocnemius pada gerakan dorsofleksi (means: -8.600), plantarfleksi (means: -13.333), eversi (means: -19.333), dan inversi (means: -5.867). Didapatkan juga adanya penurunan skala nyeri dengan nilai p = 0.000 (p<0.05). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kombinasi terapi masase dan terapi latihan efektif dalam pemulihan pasca cedera pergelangan kaki dengan otot gastrocnemius pada pesilat UKM Pencak Silat UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: terapi masase, terapi latihan, cedera pergelangan kaki dan otot gastrocnemius.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Oct 2018 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 17:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60676

Actions (login required)

View Item View Item