Sistem Tekanan Mekanik Berbasis Mikrokontoler AT-Mega 16 Untuk Pembuat Kerupuk Pelompong Guna Menunjang Produksi Home Industry Barokah di Tuban Jawa Timur

Ardianto, Adibatul (2017) Sistem Tekanan Mekanik Berbasis Mikrokontoler AT-Mega 16 Untuk Pembuat Kerupuk Pelompong Guna Menunjang Produksi Home Industry Barokah di Tuban Jawa Timur. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14507134012_ADIB_LAPORAN PA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembuatan alat ini adalah untuk mendapatkan rancang bangun hadwere, program perangkat lunak dan unjuk kerja Sistem tekanan mekanik berbasis mikrokontroler AT-Mega 16 untuk pembuat kerupuk pelompong guna menunjang proses produksi home Industry Barokah di Tuban Jawa Timur. Pembuatan sistem tekanan mekanik berbasis mikrokontroler AT-Mega 16 terdiri dari beberapa tahapan yaitu identifikasi kebutuhan, analisa kebutuhan, blok diagram sistem, perancangan sistem, langkah pembuatan alat, diagram alir program, pengujian alat dan pengambilan data. Pembuatan frame menggunakan besi jenis tabung, siku dan kanal C. Alat ini menggunakan komponen sistem minimum Atmega16, driver motor BTS7960 sebagai pengatur putaran dan kecepatan motor, dongkrak mekanik yang sudah di modifikasi dengan motor DC digunakan sebagai penggerak untuk menekan adonan kerupuk, LCD Displays 16x2 sebagai media penampil yang terdapat perintah kecepatan yang diinginkan, push button berfungsi sebagai pemberi masukan data yang akan di olah pada kontroler ATmega16 lalu akan menggerakan putaran motor DC. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa sistem tekanan mekanik berbasis mikrokontroler AT-Mega 16 berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kondisi di home industry Barokah, keunggulan sistem ini cukup 1 orang untuk mencetak (membuat) kerupuk pelompong, dibandingnkan dengan alat tradisional yang ada di home industry Barokah untuk mencetak perlu 2 orang untuk mengerjakan, secara efesiensi waktu sistem tekanan mekanik ini lebih cepat dengan selisih rata-rata 3 menit untuk menyelesaikan cetakan per tabung adonan.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Sistem Tekanan mekanik, AT-Mega 16, Home industry Barokah
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:21
Last Modified: 29 Jan 2019 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60664

Actions (login required)

View Item View Item