PENGEMBANGAN SIMULATOR BESERTA MODUL TRAFFIC LIGHT DENGAN VISUAL BASIC 2010 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN MIKROPOSESOR DAN MIKROKONTROLER KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Marlina, Dwi (2018) PENGEMBANGAN SIMULATOR BESERTA MODUL TRAFFIC LIGHT DENGAN VISUAL BASIC 2010 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN MIKROPOSESOR DAN MIKROKONTROLER KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
6. Naskah Skripsi Dwi Marlina 13502244007.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pengembangan dan menguji tingkat kelayakan simulator traffic light dengan visual basic 2010 sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengapdosi metode ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) menurut Robert Maribe Branch dengan tahapan: (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, (5) Evaluate. Pengumpulan data meliputi pengujian, pengamatan, dan kuisioner (angket). Obyek penelitian ini adalah simulator traffic light dengan visual basic 2010 pada mata pelajaran teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler. Media pembelajaran ini divalidasi oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 32 siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta sebagai subyek uji coba pemakaian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Simulator traffic light dengan Visual Basic 2010 sebagai media pembelajaran yang tepat digunakan dalam mata pelajaran teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler dan dilengkapi dengan modul pembelajaran. (2) Tingkat kelayakan simulator traffic light dengan visual basic 2010 berdasarkan hasil uji validasi isi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 88,05% dengan kategori sangat layak, dan hasil uji validasi konstrak oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 86,56% degan kategori sangat layak. Sedangkan hasil ujicoba pemakaian oleh siswa diperoleh persentase sebesar 84,17% dengan kategori sangat layak. Sehingga simulator traffic light dengan visual basic 2010 dapat dikategorikan sangat layak sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: simulator, traffic light, visual basic, media pembelajaran, teknik pemrograman
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Oct 2018 04:47
Last Modified: 30 Jan 2019 17:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60633

Actions (login required)

View Item View Item