Penerapan Model Pembelajar Kooperatif Tipe Index Card Match Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena di Kelas XI TAV A SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2017/2018

Wibowo, Adiguna Satrya (2018) Penerapan Model Pembelajar Kooperatif Tipe Index Card Match Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena di Kelas XI TAV A SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Adiguna Satrya Wibowo_13502244003.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan Keaktifan Belajar pada mata pelajaran Perekyasaan Sistem Antena siswa kelas XI TAV A SMK Negeri 2 Klaten Tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Index Card Match ; (2) meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran Perekyasaan Sistem Antena siswa kelas XI TAV A SMK Negeri 2 Klaten Tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Index Card Match. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV A SMK Negeri 2 Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajar kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TAV A pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena di SMK Negeri 2 Klaten. Peningkatan keaktifan dapat dilihat dari masing-masing siklus. Rata-rata persentase keaktifan belajar pada siklus I sebesar 53.4% meningkat pada siklus II menjadi 64.8%. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari persentase ketuntasan pra-siklus hingga siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra-siklus 40.63%, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 59.38% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 78.13%. Sehingga ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 37.5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PTK, Index Card Match , keaktifan, hasil belajar, perekayasaan sistem antena
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Oct 2018 00:32
Last Modified: 30 Jan 2019 17:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60626

Actions (login required)

View Item View Item