PEMBUATAN SIMULATOR SISTEM KELISTRIKAN BODI KAWASAKI NINJA 150 R

Wiratsongko, Probo (2017) PEMBUATAN SIMULATOR SISTEM KELISTRIKAN BODI KAWASAKI NINJA 150 R. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14509134001_Probo Wiratsongko_Tugas Akhir.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dibuatnya proyek akhir ini adalah membuat simulator sistem kelistrikan bodi ninja 150 R dan mengetahui kinerja simulator sistem kelistrikan bodi kawasaki ninja 150 R. Tujuan setelah simulator dapat digunakan adalah mempermudah seseorang untuk memahami komponen, cara kerja dan cara memeriksa komponen pada masing masing sistem kelistrikan bodi kawasaki ninja 150 R. Tahap pertama yang dilalui dalam pembuatan simulator ini adalah menganalisa masalah pada alat sebelumnya sehingga pembuatan simulator bisa lebih baik dari alat sebelumnya. Tahap yang kedua yaitu merancang pembuatan alat yang meliputi merancang pemilihan komponen, rancangan pembuatan desain layout, rencana pemesanan papan panel, rancangan pembuatan rangka, rencana pengecatan, rencana proses pembuatan papan simulator. Tahap yang ketiga yaitu merancang pengujian, kalkulasi kebutuhan alat dan bahan, merencanakan anggaran biaya dan rencana jadwal pembuatan alat. Pengujian yang dilakukan adalah mengukur kontinuitas dengan mengukur kabel penghubung pada masing masing komponen, mengukur tegangan untuk mengetahui besar tegangan dan daya pada komponen sistem penerangan yaitu lampu kepala, lampu belakang, lampu rem dan lampu indikator, pengujian pada sistem isyarat yaitu sistem horn, lampu tanda belok dan sistem simulator secara keseluruhan menggunakan multimeter. Hasil yang dicapai dari pembuatan simulator ini adalah dimensi kerangka alat yang mempunyai ukuran (P: 90 cm, L: 33 cm, tinggi: 67 cm) dan warna kerangka yaitu berwarna hitam. Hasil layout berwarna biru dengan simbol wiring diagram sesuai buku manual ninja 150 R. Hasil pengujian komponen yang baik terdiri dari baterai yang mempunyai tegangan terukur sebesar 12 Volt, kinerja yang baik dari sistem penerangan yaitu lampu kepala, lampu kota, lampu belakang, lampu rem, lampu dim dan lampu indikator. Kedua, kinerja komponen isyarat dapat bekerja dengan baik yaitu lampu sein dan klakson dan komponen pendukung lainnya dengan hasil pengukuran yang sesuai standar buku manual. Hasil pengujian kinerja sistem secara keseluruhan yaitu simulator dapat beroperasi dengan baik sesuai dengan kondisi komponen/alat yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Simulator, Sistem Kelistrikan Bodi, Kawasaki Ninja 150 R
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Oct 2018 04:15
Last Modified: 29 Jan 2019 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60591

Actions (login required)

View Item View Item