PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI UNTUK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK N 1 WONOSARI

Ratmawati, Irma (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI UNTUK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK N 1 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI IRMA RATMAWATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 3 dimensi untuk siswa kelas XI kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Wonosari. (2) Memenuhi tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 3 dimensi agar layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI kompetensi keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Wonosari menggunakan kelayakan menurut Thorn. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu (1) analysis, membuat analisis kebutuhan (observasi proses pembelajaran kelas, kompetensi, karakteristik siswa, materi, dan perangkat yang dibutuhkan); (2) design, membuat desain tampilan, desain storyboard, flowchart, penyusunan instrumen dan penyusunan materi; (3) development, mengembangkan multimedia menggunakan Adobe Flash Professional CS6, dan validasi kepada ahli materi dan ahli media; (4) implementation, menerapkan produk kepada siswa dan penilaian siswa terhadap produk; (5) evaluation, mengevaluasi produk dengan membenarkan produk sesuai saran. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 3 dimensi dibuat menggunakan Adobe Flash Professional CS6; (2) multimedia pembelajaran interaktif tersebut layak digunakan dengan penilaian tingkat kelayakan berdasarkan penilaian validasi isi oleh ahli materi mendapatkan hasil rata-rata sebesar 88,025% dengan kategori sangat layak, sedangkan penilaian validasi konstruk oleh ahli media mendapatkan hasil rata-rata sebesar 87,525% dengan kategori sangat layak. Tingkat kelayakan diperoleh dari uji pemakaian kepada 31 siswa mendapatkan hasil rata-rata sebesar 86,90%. Hal ini berarti media pembelajaran interaktif ini sangat layak digunakan pada mata pelajaran animasi 3 dimensi untuk siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, animasi 3 dimensi, ADDIE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:48
Last Modified: 30 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60589

Actions (login required)

View Item View Item