RELAYOUT RUANG PERALATAN DAN SPECIAL SERVICE TOOLS UNTUK MEMBERIKAN RUANG KERJA YANG RAPI DI PT. WAHANA SUMBER BARU YOGYA (NISSAN DATSUN MLATI)

Sofyan, Ahmat (2018) RELAYOUT RUANG PERALATAN DAN SPECIAL SERVICE TOOLS UNTUK MEMBERIKAN RUANG KERJA YANG RAPI DI PT. WAHANA SUMBER BARU YOGYA (NISSAN DATSUN MLATI). D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah Proyek Akhir.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan relayout ruang peralatan dan special service tools (SST) adalah: (1) merealisasikan rancangan ruang peralatan dan SST agar akses ruangan luas dan rapi (2) Menghasilkan layout ruang peralatan dan SST yang akses ruangannya luas dan rapi. Proses relayout ruang peralatan dan SST dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan di bengkel Nissan Datsun Mlati dan melakukan observasi ruangan. membuat sketsa gambar rancangan ruang kondisi awal untuk menganalisa dan melakukan relayout. Rancangan yang dibuat menjadi acuan proses relayout di ruang peralatan dan SST. Proses relayout menggunakan cara 5S. Seiri merupakan proses pemilahan barang yang digunakan dengan yang tidak berguna. Seiton merupakan proses penataan kerapihan alat-alat di ruang peralatan dan SST. Seiso merupakan proses pembersihan untuk merawat ruang peralatan dan SST. Seiketsu merupakan proses pemantapan untuk menjaga kerapian ruang peralatan dan SST. Shitsuke merupakan proses pembiasaan aktivitas 5S yang dilakukan secara terus menerus dan menjadi kebiasan baik. Pengukuran ruangan sebelum dan sesudah relayout dilakukan untuk mengetahui pertambahan ruang kerja dan membandingkan foto sesudah dan sebelum relayout. Kesimpulan hasil pengujian relayout ruang peralatan dan SST adalah: (1) Sketsa ruang peralatan dan SST digambar dengan aplikasi Autocad. Perbandingan foto menghasilkan ruangan telah ditata ulang (2) Ruangan menjadi rapi, luas ruang dari 3,56 m² menjadi 6,27 m², persentase pertambahan luas sebesar 13,3%. Kedepanya, perawatan dan pengecekan ruangan dilakukan berkala.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: relayout, ruang peralatan dan special service tools, rapi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60583

Actions (login required)

View Item View Item