PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN TEKNIK MENGGIRING DAN MENGUMPAN BOLA MENDATAR PADA KELAS KHUSUS OLAHRAGA SEPAK BOLA SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA 2018/2019

Arifin, Muhammad (2018) PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN TEKNIK MENGGIRING DAN MENGUMPAN BOLA MENDATAR PADA KELAS KHUSUS OLAHRAGA SEPAK BOLA SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Muhammad Arifin_14601241085.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat keterampilan menggiring bola dan mengumpan datar masih kurang baik oleh siswa dalam permainan dan pertandingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games terhadap peningkatan keterampilan teknik menggiring dan mengumpan bola pada kelas khusus olahraga sepakbola siswa SMA Negeri 1 Sewon. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah onegroup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kelas khusus olahraga sepakbola di SMA Negeri 1 Sewon. Sampel penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kelas khusus olahraga sepakbola di SMA Negeri 1 Sewon kelas X dan XII yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah short dribbling test dan mengoper bola rendah. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan latihan small sided games terhadap peningkatan keterampilan teknik menggiring (dribbling) sebesar 18,70%. Sedangkan untuk teknik mengumpan datar (passing) mengalami peningkatan sebesar 27,60%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa latihan small sided games dapat meningkatkan kemampuan teknik menggiring dan mengumpan bola datar dengan signifikan pada kelas khusus olahraga sepakbola siswa SMA N 1 Sewon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan, small sided games, sepakbola
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60577

Actions (login required)

View Item View Item