PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE PADA KEPATUHAN PENGUNGKAPAN TRANSAKSI BERELASI BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NO. 7 TAHUN 2015

Pratista, Ardhana Reswari Hasna (2018) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE PADA KEPATUHAN PENGUNGKAPAN TRANSAKSI BERELASI BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NO. 7 TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance terdahap kepatuhan pengungkapan transaksi pihak berelasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah komite audit, kepemilikan institusional, kepemilikan manajemen, dan komisaris independen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepatuhan pengungkapan transaksi pihak berelasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dari perusahaan sektor utama selama tahun 2015 sampai 2016 yang didapat dari Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan sebanyak 21 perusahaan memenuhi kriteria kelengkapan data akhirnya 42 laporan keuangan tahunan yang dipakai dalam penelitian ini. Metode statistika yang digunakan adalah regresi panel. Dari analisis yang dilakukan komite audit, kepemilikan manajemen, dan komisaris independen berpengaruh secara positif signifikan terhadap pengungkapan transaksi pihak berelasi, sementara kepemilikan institusi tidak berpengaruh secara positif terhadap pengungkapan transaksi pihak berelasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: corporate governance, pengungkapan, transaksi pihak berelasi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60564

Actions (login required)

View Item View Item