ANALISIS DOSIS PADA PENGOBATAN PENYAKIT KANKER OTAK GLIOBLASTOMA MULTIFORME DENGAN METODE BORON NEUTRON CAPTURE THERAPY (BNCT) MENGGUNAKAN PARTICLE AND HEAVY ION TRANSPORT CODE SYSTEM (PHITS)

Ramadhan, Muhammad Yatsrib and Sardjono, Yohannes (2018) ANALISIS DOSIS PADA PENGOBATAN PENYAKIT KANKER OTAK GLIOBLASTOMA MULTIFORME DENGAN METODE BORON NEUTRON CAPTURE THERAPY (BNCT) MENGGUNAKAN PARTICLE AND HEAVY ION TRANSPORT CODE SYSTEM (PHITS). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL (Muhammad Yatsrib Ramadhan -14306141030 ).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi boron yang efektif dan aman, serta lama waktu iradiasi yang diperlukan untuk terapi kanker otak glioblastoma multiforme, selain itu juga untuk melihat bagaimana pengaruh besar konsentrasi boron terhadap besar laju dosis dan waktu iradiasinya melalui metode simulasi program untuk terapi kanker otak glioblastoma multiforme. Penelitian ini menggunakan Particle and Heavy Ions Transport code System (PHITS) untuk mensimulasikan proses terapi BNCT pada pasien tumor otak glioblastoma multiforme dengan sumber neutron dari Reaktor Riset Kartini. Program dibuat dengan membuat geometri dari seluruh jaringan kepala dengan sel kanker yang berlokasi di lobus temporal otak sebelah kiri atau dekat pelipis sebelah kiri. Konsentrasi boron yang yang dipakai menggunakan 9 variasi konsentrasi yaitu 20, 30, 40, 50, 60, 70 80 90, dan 100 μg/gram jaringan kanker. Keluaran dari program PHITS adalah fluks neutron dan dosis neutron. Fluks neutron lalu digunakan untuk menghitung dosis boron, dosis proton, dan dosis gamma di dalam jaringan. Hasil dari penelitian ini berupa : (1) Konsentrasi boron efektif adalah berada di kisaran 80 μg / g, 90 μg / g, dan 100 μg / g jaringan. (2) Jumlah konsentrasi boron di dalam jaringan kanker yang semakin besar akan meningkatkan tingkat laju dosis serap total yang diterima oleh kanker. (3) Waktu iradiasi efektif terjadi pada konsentrasi boron di kisaran 80 μg / g, 90 μg / g, dan 100 μg / gram jaringan kanker yang didapat dengan waktu penyinaran 4 jam dan 19 menit, 3 jam dan 53 menit, dan 3 jam dan 33 menit. (4) Jumlah konsentrasi boron di dalam jaringan kanker yang semakin meningkat akan memperpendek waktu penyinaran iradiasi saat terapi berlangsung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BNCT, Glioblastoma Multiforme, Dosis Boron
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60559

Actions (login required)

View Item View Item