ANALISIS DOSIS BORON NEUTRON CAPTURE THERAPY (BNCT) PADA KANKER KULIT MELANOMA MENGGUNAKAN PARTICLE AND HEAVY ION TRANSPORT CODE SYSTEM (PHITS)

Fazdillah, Siti Nurul and Sardjono, Yohannes (2018) ANALISIS DOSIS BORON NEUTRON CAPTURE THERAPY (BNCT) PADA KANKER KULIT MELANOMA MENGGUNAKAN PARTICLE AND HEAVY ION TRANSPORT CODE SYSTEM (PHITS). S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SITI NURUL FADZILAH (SKRIPSI FULL]).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) melakukan simulasi dengan membuat geometri kanker kulit melanoma yang terdiri dari tulang, otot, kulit, gtv, ctv kulit, ctv otot, ptv kulit, dan ptv otot yang berada di lengan menggunakan program PHITS, (2) menentukan konsentrasi boron yang efektif untuk membunuh sel kanker kulit melanoma, (3) mengetahui dosis serap 10B yang diterima oleh jaringan tulang, kulit, gtv, ctv kulit, ctv otot, ptv kulit, dan ptv otot pada konsentrasi yang efektif, (4) menentukan lama waktu iradiasi yang efektif untuk membunuh sel kanker dengan kerusakan jaringan sehat paling kecil. PHITS digunakan untuk mensimulasikan proses terapi BNCT pada kanker kulit melanoma menggunakan sumber neutron dari Reaktor Kartini. Variasi konsentrasi boron yang digunakan yaitu 20 μg/g kanker, 30 μg/g kanker, 40 μg/g kanker, 50 μg/g kanker, dan 60 μg/g kanker. Hasil output PHITS berupa fluks neutron, keluaran yang dapat langsung digunakan yaitu fluks neutron cepat untuk laju dosis neutron, sedangkan fluks neutron termal digunakan untuk menghitung laju dosis boron, laju dosis proton, dan laju dosis gamma. Hasil penelitian ini antara lain: (1) telah disimulasikan dengan bentuk geometri kanker kulit melanoma menggunakan kode PHITS pada tulang, otot, kulit, gtv, ctv otot, ptv otot, ctv kulit, dan ptv kulit, (2) pada variasi konsentrasi boron 20 μg/g kanker, 30 μg/g kanker, 40 μg/g kanker, 50 μg/g kanker, dan 60 μg/g kanker, konsentrasi yang paling efektif membunuh sel kanker dengan kedalaman 0,6 cm adalah 50 μg/g kanker, (3) dosis serap 10B yang diterima oleh jaringan tulang, kulit, ctv kulit, ctv otot, ptv kulit, dan ptv otot pada konsentrasi 50 μg/g kanker masing-masing sebesar 3,73 Gy; 4,56 Gy; 16,06 Gy; 19,30 Gy; 4,74 Gy; 4,08 Gy, (4) waktu iradiasi yang efektif dalam membunuh sel kanker dengan kerusakan jaringan sehat paling kecil terdapat pada konsentrasi 50 μg/g kanker yaitu 3 jam 43 menit 13 detik. Pada konsentrasi boron tersebut, dampak deterministik yang ditimbulkan pada kulit adalah eritema, deskuamasi kering, dan fase utama kulit memerah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: melanoma, PHITS, BNCT, Reaktor Kartini, dosis boron
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 16 Oct 2018 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60546

Actions (login required)

View Item View Item