ANALISIS DOSIS PENGOBATAN KANKER PANKREAS DENGAN BORON NEUTRON CAPTURE THERAPY (BNCT) MENGGUNAKAN PROGRAM PARTICLE AND HEAVY ION TRANSPORT CODE (PHITS)

Iman, Azzam Zuukhrofani (2018) ANALISIS DOSIS PENGOBATAN KANKER PANKREAS DENGAN BORON NEUTRON CAPTURE THERAPY (BNCT) MENGGUNAKAN PROGRAM PARTICLE AND HEAVY ION TRANSPORT CODE (PHITS). S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lengkap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Boron Neutron Capture Therapy (BNCT) merupakan salah satu metode alternatif pengobatan kanker yang bersifat non-infasif. Pengobatan BNCT pada kanker pankreas masih membutuhkan informasi dan tahap uji pra klinis. Simulasi menggunakan PHITS yang bertujuan untuk menentukan: konsentrasi boron yang efektif, laju dosis total, dan lama waktu iradiasi pada konsentrasi boron yang efektif untuk pengobatan kanker pankreas, telah dilakukan dalam penelitian ini. PHITS digunakan untuk memodelkan dan mendefinisikan geometri (organ pankreas, kanker, dan organ kritis terdekat), material penyusun organ, dan juga sumber radiasi. Bentuk phantom yang digunakan adalah phantom ORNL pria dewasa. Sumber neutron yang digunakan disesuaikan dengan keluaran Reaktor Kartini, PSTA BATAN Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan konsentrasi boron sebesar 100, 110, 120, 130, 140, dan 150 μg/g jaringan kanker untuk mengantisipasi jaringan kanker pankreas yang terletak cukup dalam dari permukaan kulit. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: konsentrasi boron yang efektif dalam rentang 100 μg/g, 110 μg/g, 120 μg/g, 130 μg/g, 140 μg/g, dan 150 μg/g adalah konsentrasi boron 150 μg/g, nilai laju dosis konsentrasi boron yang efektif 150 μg/g jaringan adalah 5,72 X 10-3 Gy/detik, dan waktu iradiasi terpendek adalah 8736,72 detik (2 jam 26 menit 37 detik) pada konsentrasi boron 150 μg/g. Dosis serap pada jaringan kulit berkisar 1,69 Gy dimana nilai ini masih dibawah dosis ambang yang direkomendasikan oleh BAPETEN.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Prof. Ir. Yohannes Sardjono, A.P.U. dan Dr. Restu Widiatmono, M.Si. (Pembimbing Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Simulasi komputer, BNCT, Kanker Pankreas, PHITS
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 16 Oct 2018 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60522

Actions (login required)

View Item View Item