PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA, RELIGIUSITAS DAN SENSITIVITAS ETIS TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING

Asprilliadita, Aprin (2018) PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA, RELIGIUSITAS DAN SENSITIVITAS ETIS TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pengetahuan Etika terhadap Persepsi mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting; (2) Pengaruh Religiusitas terhadap Persepsi mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting; (3) Pengaruh Sensitivitas Etis terhadap Persepsi mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting; dan (4) Pengaruh Pengetahuan Etika, Religiusitas, dan Sensitivitas Etis terhadap Persepsi mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas berbasis keagamaan di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 123 responden. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan Etika berpengaruh positif terhadap Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0,429, nilai thitung 5,228 > ttabel 1,9801 dan nilai signifikansi 0,000; (2) Religiusitas berpengaruh positif terhadap Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0,225, nilai thitung 2,950> ttabel 1,9801 dan nilai signifikansi 0,004; (3) Sensitivitas Etis berpegaruh positif terhadap Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0,001, nilai thitung 2,088 > ttabel 1,9801 dan nilai signifikansi 0,039; dan (4) Pengetahuan Etika, Religiusitas, dan Sensitivitas Etis berpengaruh secara bersama-sama terhadap Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting, yang dibuktikan dengan nilai Fhitung 9,589 > Ftabel 2,680 dan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Etika, Religiusitas, Sensitivitas Etis, Praktik Creative Accounting.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60515

Actions (login required)

View Item View Item