PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, DAN KESADARAN PERPAJAKAN TERHADAP MOTIVASI MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA KEBUMEN

Haryaningsih, Istien (2018) PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, DAN KESADARAN PERPAJAKAN TERHADAP MOTIVASI MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Istien_Haryaningsih_Finish.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak, dan Kesadaran Perpajakan terhadap Motivasi Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen. Penelitian ini bersifat kausal komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Kebumen. Pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Data diambil pada bulan Maret 2018. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasayarat, analisis regresi linear sederhana, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengetahuan Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien regresi bernilai positif yaitu 0,282 dan thitung lebih besar apabila dibandingkan dengan ttabel (8,646 > 1,972) pada signifikansi (0,000 < 0,05). Kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif yaitu 0,416 dan thitung lebih besar dari ttabel ( 8,327 > 1,972) pada signifikansi (0,000 < 0,05). Kesadaran Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif yaitu 0,559 dan thitung lebih besar dari ttabel (8,519 > 1,9702) pada signifikansi (0,000 < 0,05). Pengetahuan perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak, dan Kesadaran Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif 0,117;0,228;0,280 serta Fhitung lebih besar dari Ftabel (41,768 > 2,685).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Membayar Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak, Kesadaran Perpajakan
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Perpajakan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:27
Last Modified: 30 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60514

Actions (login required)

View Item View Item