PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN STRUKTUR ASET TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2016

Sari, Galih Istianing (2018) PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN STRUKTUR ASET TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_GALIH ISTIANING SARI_16812147007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Likuiditas Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2016. (2) Pengaruh Profitabilitas Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2016. (3) Pengaruh Struktur Aset Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2016. (4) Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Struktur Aset secara simultan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Penelitian ini termasuk dalam kausal komparatif dengan variabel independen likuiditas, profitabilitas, dan struktur aset, serta variabel dependen struktur modal. Teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji asumsi klasik normalitas, uji asumsi klasik multikolinieritas, uji asumsi klasik autokorelasi dan uji asumsi klasik heteroskedastisitas), uji hipotesis (analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini laporan keuangan dari perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas dan profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, sedangkan struktur aset berpengaruh prositif signifikan terhadap struktur modal. Secara simultan likuiditas, profitabilitas dan struktur aset berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Kemampuan prediksi variabel likuiditas, profitabilitas dan struktur aset terhadap struktur modal sebesar 48,4%, sementara sisanya 51,6% dijelaskan faktor lain diluar model penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Aset dan Struktur Modal
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 17:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60507

Actions (login required)

View Item View Item