PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS UNITY 3D UNTUK PLATFORM ANDROID PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X DI SMK NASIONAL BERBAH

Irmanto, Irmanto (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS UNITY 3D UNTUK PLATFORM ANDROID PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X DI SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah Tas Irmanto.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis Unity 3D untuk Platform Android pada pembelajaran gambar teknik kelas X di SMK Nasional Berbah, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran gambar teknik berbasis Unity 3D berdasarkan aspek functional suitability, compatibility, usability dan performance efficiency (ISO 25010). Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Linear sequential model atau yang biasa disebut Waterfall Model. Model pengembangan dengan melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Sumber data penelitian yaitu 37 siswa kelas X SMK Nasional Berbah untuk pengujian usability, 3 orang ahli untuk pengujian functionality. Data penelitian dijaring dengan menggunakan instrumen pengujian meliputi pengujian aspek functional suitability, compatibility, usability dan performance efficiency. Analisis data kelayakan dilakukan dengan melakukan konversi data kuantitatif ke dalam data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis Unity 3D untuk platform android pada pembelajaran gambar teknik dilakukan dengan beberapa tahap meliputi: tahap analisis kebutuhan (analisis hardware, dan analisis software), tahap perancangan, tahap implementasi, dan tahap pengujian. Media pembelajaran berbasis Unity 3D memiliki fitur AR kamera, menampilkan materi gambar teknik, kuis, dan fitur keluar dari aplikasi. (2) Media pembelajaran ini telah memenuhi standar kualitas ISO 25010. Pada aspek functional suitability ahli media nilai X sebesar 1 menunjukkan pada skala sangat baik, dan aspek functional suitability ahli materi rerata skor 4,05 dengan kategori baik dengan diperoleh 81% dengan kategori baik. Pada aspek compatibility mendapatkan nilai persentase 100%. Kemudian aspek usability memperoleh nilai persentase 81,405%, berada dalam kriteria sangat layak. Pada aspek performance efficiency memperoleh hasil sesuai dengan standar dan berada pada tingkat performance efficiency yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Gambar Teknik, Unity 3D
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Oct 2018 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 17:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60502

Actions (login required)

View Item View Item