PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI SLEMAN

Kurniawan, Lalu Teguh (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah TAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kompetensi Sistem Pengapian Konvensional siswa kelas XI TKR-A SMK PIRI Sleman tahun ajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A SMK PIRI Sleman yang berjumlah 31 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, wawancara dengan guru mata pelajaran PKKR, dokumentasi dan dengan tes hasil belajar. Data verbal hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan hasil tes menggunakan deskriptif kuantitatif dengan rumus sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kompetensi Sistem Pengapian Konvensional siswa kelas XI TKR A SMK PIRI Sleman tahun ajaran 2017/2018. Peningkatan keaktifan belajar siswa dari setiap indikator keaktifan meningkat. Pada siklus I dibawah katagori banyak atau 51% sebanyak 3 indikator keaktifan dari 6 indikator yang ada, pada siklus II yaitu 2 indikator keaktifan dan siklus III yaitu 0 indikator keaktifan. Peningkatan keaktifan belajar siswa diikuti pula dengan peningkatan hasil belajar. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata posttest siklus I sebesar 68,79% dengan jumlah siswa yang lulus KKM sebanyak 7 siswa dengan persentase 29,17% dari 29 siswa yang hadir, siklus II sebesar 75,17% dengan jumlah siswa yang lulus KKM sebanyak 21 siswa dengan persentase 72,41% dari 29 jumlah siswa yang hadir dan siklus III sebesar 80,16% dengan jumlah siswa yang lulus KKM 26 siswa dengan persentase 86,6% dari total 30 siswa yang hadir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Devisions (STAD), PKKR, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Oct 2018 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 17:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60501

Actions (login required)

View Item View Item