PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN SEWON BANTUL

Sudarmi, Pri Kurnia (2012) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN SEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pri Kurnia Sudarmi.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kompetensi profesional guru TK di Kecamatan Sewon, Bantul, (2) mendeskripsikan kinerja guru TK di Kecamatan Sewon, Bantul, dan (3) mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru TK di Kecamatan Sewon, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru TK bersertifikat di kecamatan Sewon, Bantul yang berjumlah 50 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket,observasi dan studi dokumentasi. Uji instrumen yang digunakan yaitu uji validitas, dan uji reabilitas, Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan persentase untuk mengetahui kompetensi profesional dan kinerja guru, sedangkan untuk mencari pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru TK di Kecamatan Sewon, Bantul. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kompetensi profesional guru TK di Kecamatan Sewon yang dilihat dari penguasaan standar kompetensi guru, pengembangan materi, pengembangan keprofesionalan, memanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam kategori tinggi yaitu dengan persentase nilai 84,19%. (2) Kinerja guru TK di Kecamatan Sewon yang dilihat dari kualitas kerja, kecepatan/ketepatan kerja, inisiatif dalam kerja, kemampuan dalam kerja, kemampuan dalam mengkomunikasikan pekerjaan, motivasi, dan kehadiran termasuk dalam kategori tinggi yaitu dengan persentase nilai 86,37%. (3) Terdapat pengaruh antara kompetensi profesional terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi antara kompetensi profesional terhadap kinerja guru TK di Kecamatan Sewon sebesar +0,715 dengan arah positif sedangkan untuk pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru TK di Kecamatan Sewon sebesar 50,1% dan selebihnya (49,90%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: kompetensi profesional, kinerja guru TK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 20 Mar 2015 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6047

Actions (login required)

View Item View Item