PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

Prianto, Prianto (2012) PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Prianto.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan sepervisi akademik oleh pengawas di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Sleman (2) untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru mata pelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Sleman (3) untuk mendeskripsikan besarnya pengaruh pelaksanaan supervisi akademik terhadap kemampuan profesional guru mata pelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang berjumlah 49 guru mata pelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Sleman. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas dan kompetensi profesional guru mata pelajaran matematika. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Data diambil melalui angket, dokumentasi dan observasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Sleman telah berada pada kategori baik (76%) (2) Kompetensi profesional guru mata pelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten SLeman telah berada pada kategori sangat baik (86,2%) dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas terhadap kompetensi profesional guru mata pelajaran matematika sebesar 17,1% variansi yang terjadi pada kompetensi profesional guru mata pelajaran matematika dapat dijelaskan oleh pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas, sedangkan 82,9% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: Supervisi akademik, kompetensi profesional guru mata pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6045

Actions (login required)

View Item View Item