MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER MOTOR DC, BRUSHLESS, SERVO, DAN STEPPER DENGAN KENDALI MIKROKONTROLER ARDUINO UNO PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR DI SMK NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA

Julianto, Daniel (2018) MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER MOTOR DC, BRUSHLESS, SERVO, DAN STEPPER DENGAN KENDALI MIKROKONTROLER ARDUINO UNO PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR DI SMK NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Daniel Julianto_13502241024.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuat, mengetahui unjuk kerja, dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran trainer motor DC, brushless, servo, dan stepper dengan kendali Arduino Uno pada mata pelajaran Teknik Mikroprosesor di SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan 9 tahapan prosedur pengembangan penelitian yang meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, dan (9) revisi produk. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran trainer motor DC, brushless, servo, dan stepper. Sedangkan subjek penelitian ini merupakan siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi kuesioner dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) media pembelajaran trainer yang dibuat terdiri dari empat blok rangkaian pengendalian motor meliputi pengendalian motor DC, motor brushless, motor servo, dan motor stepper; (2) Unjuk kerja trainer sudah berfungsi dengan stabil baik pada setiap bagian maupun secara keseluruhan. Adapun hasil validasi konten dan kosntruk dari trainer ini memperoleh nilai yang masuk dalam kategori sangat layak. (3) Tingkat kelayakan diperoleh dari uji pemakaian kepada 54 siswa yang memperoleh nilai yang masuk dalam kategori sangat layak. Hal ini berarti media pembelajaran trainer ini sangat layak digunakan pada mata pelajaran Teknik Mikroprosesor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, trainer, motor
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Oct 2018 02:43
Last Modified: 30 Jan 2019 17:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60438

Actions (login required)

View Item View Item