PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENYELESAIAN TEPI PAKAIAN PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SMK NEGERI 1 SEWON BANTUL

Rahmayanti, Ramadhani (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENYELESAIAN TEPI PAKAIAN PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SMK NEGERI 1 SEWON BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Cover Dll new.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Naskah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan bahan ajar Modul Penyelesaian Tepi Pakaian SMK Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta 2) menguji kelayakan bahan ajar Modul Penyelesaian Tepi Pakaian SMK Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (Reaserch Development) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Tim Puslitjaknov dengan 5 tahapan yang meliputi: (1) analisis produk yang akan dikembangkan, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli, (4) Uji coba skala kecil, (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Validasi modul ini dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi yang terdiri atas 2 dosen dan 1 guru pengampu mata pelajaran. Penelitian ini melibatkan 6 siswa sebagai uji coba lapangan skala kecil, dan 32 siswa X busana butik SMK Negeri 1 Sewon sebagai uji coba lapangan skala besar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan untuk reliabilitas menggunakan reliabilitas Alfa Cronbach. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif data berupa uraian saran dari para ahli serta data hasil penilaian yang kemudian diubah menjadi nilai skor dengan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan modul penyelesaian tepi pakaian berhasil dilakukan sesuai dengan model pengembangan dari Tim Puslitjaknov dengan lima tahapan yakni: a) analisis produk yang akan dikembangkan, b) pengembangan produk awal, c) validasi ahli dan revisi, d) Uji coba skala kecil, e) uji coba skala besar dan produk akhir . 2) hasil validasi modul dilakukan 2 ahli yaitu ahli materi memperoleh skor rerata 21 dan ahli media memperoleh skor rerata 29 sehingga apabila dilihat dari tabel kriteria kelayakan modul maka termasuk dalam kategori “layak”. Uji coba skala besar dilakukan oleh 32 siswa diperoleh hasil, kategori sangat baik sebanyak 29 siswa dengan presentase 92% dan kategori baik sebanyak 3 siswa dengan presentase 8%. Hal ini menunjukkan bahwa modul penyelesaian tepi pakaian secara keseluruhan sudah dimengerti oleh siswa. Produk akhir dari penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar berupa modul pembelajaran penyelesaian tepi pakaian yang telah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit di SMK Negeri 1 Sewon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan modul pembelajaran, penyelesaian tepi pakaian, kelayakan modul
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Oct 2018 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 17:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60426

Actions (login required)

View Item View Item