ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK UMUM KONVENSIONAL DENGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2012-2016 MENGGUNAKAN METODE RGEC

Russilawati, Rista (2018) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK UMUM KONVENSIONAL DENGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2012-2016 MENGGUNAKAN METODE RGEC. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RISTA RUSSILAWATI_ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK UMUM KONVENSIONAL DENGAN BA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan antara Bank Umum Konvensional (BUK) dengan Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia tahun 2012-2016. Adapun aspek-aspek yang di teliti adalah aspek Profil Risiko, Rentabilitas, dan Permodalan. Aspek Profil Risiko diukur menggunakan rasio NPL dan LDR. Aspek Rentabilitas diukur menggunakan rasio ROA, ROE, dan BOPO. Aspek Permodalan diukur menggunakan rasio CAR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 116 BUK dan 12 BUS. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga terpilih 10 BUK dan 10 BUS sebagai sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh masing-masing bank. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji beda dua rata-rata (Independent Sample T-Test) dan Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bank BNI dan BNI Syariah menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasio NPL, ROA, ROE, dan BOPO, sedangkan rasio LDR dan CAR tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan; 2) Bank Mega dan Mega Syariah menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasio NPL, ROA, ROE, BOPO, dan CAR, sedangkan rasio LDR tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan; 3) Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasio NPL, ROA, ROE, BOPO, dan CAR, sedangkan pada rasio LDR tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan; 4) Bank BCA dan Bank BCA Syariah menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasio LDR, ROA, ROE, BOPO, dan CAR, sedangkan pada rasio NPL tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan; 5) Bank BRI dan BRI Syariah menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasio NPL, ROA, ROE, dan BOPO, sedangkan pada rasio LDR dan CAR tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan; 6) Bank BJB dan BJB Syariah menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasio NPL, ROA, ROE, dan BOPO, sedangkan pada rasio LDR dan CAR tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan; 7) Bank Panin dan Bank Panin Syariah tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasio NPL, LDR, ROA, ROE, BOPO, dan CAR; 8) Bank Victoria dan Bank Victoria Syariah menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasio NPL dan ROE, sedangkan pada rasio LDR, ROA, BOPO dan CAR tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan; 9) Bank Bukopin dan Bank Syariah Bukopin menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasio NPL, LDR, ROA, ROE, dan BOPO, sedangkan pada rasio CAR tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan; 10) Bank Maybank dan Bank Maybank Syariah menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasio LDR, ROE, dan CAR, sedangkan pada rasio NPL, ROA, dan BOPO tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, BUK, BUS, NPL, LDR, ROA, ROE, BOPO, CAR.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:35
Last Modified: 30 Jan 2019 17:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60424

Actions (login required)

View Item View Item