PENYELENGGARAAN PENILAIAN KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE- KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL

Kumila Wijayanti, Ria (2012) PENYELENGGARAAN PENILAIAN KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE- KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ria Kumila Wijayanti.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)perencanaan yang dilakukan guru dalam penyelenggaraan penilaian kelas; 2)pelaksanaan penilaian kelas; 3)hambatan yang terjadi dalam penyelenggaraan penilaian kelas; serta 4)upaya guru untuk mengatasi hambatan dalam penyelenggaraan penilaian kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas SD Negeri di Kecamatan Piyungan dengan jumlah responden 88 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian terhadap guru kelas di SD Negeri se Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul menunjukkan bahwa: 1)perencanaan penilaian kelas termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase 75,57%; 2)pelaksanaan penilaian kelas termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase 68,91%; 3)hambatan yang bersumber dari kemampuan dialami oleh sebanyak 92,04% guru, hambatan yang bersumber dari motivasi dialami oleh sebanyak 59,09% guru, hambatan yang bersumber dari sarana dialami oleh sebanyak 89,77% guru, hambatan yang bersumber dari supervisi kepala sekolah dialami oleh sebanyak 34,09% guru, hambatan dari sumber lain yang berasal dari siswa dan orang tua siswa dialami oleh sebanyak 27,27% guru; 4) upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam penyelenggaraan penilaian kelas antara lain dengan mencari literatur tentang model penilaian kelas, mengikuti kegiatan diklat dan seminar, mencoba untuk memotivasi diri sendiri dan menggunakan waktu di rumah untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang terkait dengan penyelenggaraan penilaian kelas, mengajukan sarana yang dibutuhkan kepada kepala sekolah, membuat sendiri alat-alat tertentu yang diperlukan dalam penilaian, guru secara aktif bertanya sendiri mengenai penilaian kelas kepada kepala sekolah, menggunakan cara penilaian yang menyenangkan, guru juga melakukan komunikasi dengan orang tua siswa terkait perkembangan putra-putrinya. Kata kunci : penyelenggaraan, penilaian kelas, guru sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6042

Actions (login required)

View Item View Item