PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK RANGKAIAN KOMPARATOR PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Kriswantoro, Kriswantoro (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK RANGKAIAN KOMPARATOR PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH TAS.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran praktik rangkaian komparator mata kuliah elektronika analog dan digital pada jurusan pendidikan teknik otomotif universitas negeri yogyakarta. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran praktik rangkaian komparator mata kuliah elektronika analog dan digital pada jurusan pendidikan teknik otomotif universitas negeri yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Terdapat 10 tahapan penelitian yang digunakan, yaitu: (1) Analisis potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produksi massal. Metode yang digunakan untuk menilai kelayakan dari media pembelajaran yaitu dengan menggunakan angket. Penilaian kelayakan media pembelajaran dari aspek isi oleh ahli materi dan penilaian kelayakan media pembelajaran dari aspek media oleh ahli media. Selain itu juga dilakukan uji coba pemakaian untuk mengetahui tanggapan dari mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran rangkaian komparator sudah sesuai dengan desain yang telah dibuat. Media ini memungkinkan pengguna untuk merangkai rangkaian inverting dan non-inverting serta melakukan pegukuran pada rangkaian komparator bertingkat. (2) hasil uji kelayakan materi memperoleh rata-rata skor 3,7 dengan persentase 93,65% dan masuk dalam kategori sangat layak. Uji kelayakan media memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan persentase 86,06% dan masuk dalam kategori sangat layak. Uji coba penggunaan oleh mahasiswa memperoleh rata-rata skor 3,08 dengan persentase 76,94% dan dikatagorikan mudah digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media, training objek, Elektronika Analog dan Digital, Rangkaian Komparator
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Oct 2018 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 17:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60404

Actions (login required)

View Item View Item